Ketum SPI Lantik DPW Sumut Sekaligus Membuka Secara Resmi SKW Perdana SPI di Sumut

Medan, Sumatera Utara - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Solidaritas Pers Indonesia (SPI) menyambangi Sumatera Utara pada Rabu (28/09/20...

Medan, Sumatera Utara - Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Solidaritas Pers Indonesia (SPI) menyambangi Sumatera Utara pada Rabu (28/09/2022).

Kehadiran rombongan DPP SPI yang dinakhodai Suriani Siboro (Ketua Umum), Wesly H Sihombing (Sekretaris Umum), Paiman Girsang (Bendahara Umum), Sabam Tanjung (Wakil Sekretaris Umum), Tri Wahyudi (Wakil Sekretaris Umum), Hery ( Bidang Pemerintahan), Hilda (Administrasi) ke Sumatera Utara, khususnya Kota Medan untuk melantik Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) SPI Sumatera Utara sekaligus membuka pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) perdana SPI di Kota Medan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Angkola, Jl. Cangkir No.10, Sei Putih Tengah, Kec. Medan Petisah, Medan, Sumatera Utara. Kamis (29/09/2022).

Dalam sambutannya usai melantik Pengurus DPW SPI Sumatera Utara, Ketua Umum SPI, Suriani Siboro menjelaskan secara singkat berdirinya SPI. Berawal adanya kriminalisasi pers di Kota Pekanbaru. Dimana saat itu dirinya dan para aktifis pers lainnya mengadakan suatu gerakan moral (aksi damai) baik di Pekanbaru maupun di beberapa  Instansi/Lembaga di Jakarta.

"Hampir berjalan 2 tahun kejadiaan tersebut. Sekarang SPI sudah berdiri di 12 Provins, 4 diantaranya dalam penyusunan struktur dan kurang lebih 90 wilayah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) yang telah dibentuk, dengan total kurang lebih 250 media Parnerts yang tergabung di SPI," ungkap Suriani.

Dikesempatan tersebut Suriani mengharapkan DPW SPI Sumut dapat mengibarkan Bendera SPI di Kab/Kota se-Sumut.

" Kibarkan bendera SPI di seluruh pelosok Sumut. Bekerjalah dengan tetap mengedepankan UU Pers tahun 1999 dan Kode Etik. Jurnalistik (KEJ), menghindari pemberitaan Hoax, SARA, serta yang berpotensi dapat memecah belah persatuan bangsa. Lalu,  bermitra dengan Pemerintah, stakeholder lainnya, tapi tetap mengatakan suatu kebenaran jika itu benar dan sebaliknya," tutur Suriani.

Diakhir sambutannya, dengan didampingi Asesor (Penguji) yang berlisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Wesly H Sihombing, para Asesi (peserta SKW), Suriani membuka secara resmi pelaksanaan SKW Perdana SPI di Sumatera Utara.

Sementara itu, Ketua DPW SPI Prov. Sumatera Utara, Pardamean Napitupulu usai menerima Bendera Pataka dan SK DPW SPI Prov. Sumatera Utara, berjanji akan mengibarkan bendera SPI di seluruh wilayah Sumut.

Pardamean juga mengharapkan DPP SPI selalu memberikan arahan, masukan, agar program yang akan dijalankan DPW Sumut dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Hal senada disampaikan Ketua DPD Pak-pak Barat, Pildo Juniper Sinamo.

" Kami dari DPD SPI Pak-pak Barat mengharapkan support dari DPP, DPW agar kami dapat mengibarkan bendera SPI di seluruh wilayah Pak-pak Barat yang merupakan wilayah pemekaran Kab. Dairi," ucap Pildo usai menerima Bendera Pataka dan SK Kepengurusan DPD Pak-pak Barat yang didampingi Sekretaris, Agus Refianus Padang, Bendahara, Alpentino Sihombing dari Ketua DPW SPI Sumut.

Tak lupa Pildo juga menitipkan salam hangat dari Bupati Pak-pak Barat untuk keluarga besar SPI.

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arahman Pane, S.Stp dalam sambutannya mengapresiasi hadirnya SPI di Kota Medan.

Beliau juga sangat mendukung langkah SPI dalam memfilter berita mana yang harus ditayangkan dan yang tidak. Terutama berita-berita yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. Begitu juga berita-berita hoax yang berimbas dapat mengganggu program-pembangunan di Sumatera Utara.

Sementara itu, Kapolres Kota Medan yang diwakili Humas Kapolrestabes Medan, AKBP Drs. Effendy, mengatakan, Wartawan merupakan salah satu Mitra Polri. Berita-berita yang disajikan wartawan sedikit banyaknya dapat membentuk penilaian masyarakat terhadap apa yang diberitakan.

Ia mencotohkan, ketika Polri dilanda kasus Sambo dan media ramai-ramai memberitakan, masyarakat menilai bahwa Polri itu kinerjanya buruk, sehingga capaian kinerja Polri ada pada angka sekitar 45%. Akan tetapi sekarang ini, kepercayaan publik terhadap Polri telah naik kembali sekitar 78%. Hal ini bisa terjadi dengan gencarnya pemberitaan bahwa kasus yang melibatkan Oknum Polri ditangani dengan transparan.

Terbentuknya DPW SPI Sumut juga disyukuri Kepala Lingkungan di mana Sekretariat DPW melaksanakan aktifitasnya.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya SPI dilingkungan kami. Pasalnya, kami punya wadah (SPI-red) untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan maupun aspirasi kami yang kedepannya akan lebih cepat diketahui pemerintah," ungkap Burgernya Marpaung, Kepala Lingkungan di Perisah Tengah, ,Medan.

Darmayani, Perwakilan Organisasi Pers, Aliansi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) juga mengapresiasi kehadiran SPI. Kedeoan, diharapkan SPI dapat menjadi berbaur dengan organisasi pers lainnya di Kota Medan.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Umum SPI, Suriani Siboro beserta jajaran DPP SPI, Kapolresta Kota Medan yang diwakili Humas Polresta Kota Medan, AKBP Drs. Effendy, Walikota Medan yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arahman Pane, S.Stp, Rekan-rekan Wartawan Kota Medan serta tamu undangan lainnya.

Acara yang berlangsung dengan khidmat diakhiri dengan foto bersama, makan siang dan hiburan musik.

Berikut nama-nama Pengurus DPW SPI Sumut dan Pak-pak Barat yang dilantik.                                                                                

 *Pembina*

1. Pendeta I Wayan Sura

2. Pendeta Beatus Munthe

3. Pendeta Johan Adjuan                                                                      

*Penasehat*  : 

1. Ustadz Martono

2. Romo Kok Hong

3. Pendeta Hulman Tinambunan                                                                             

*Penasehat Hukum* :

Parlindungan Siagian, S.H

*Pengurus DPW SPI Prov. Sumut*

Ketua : Pardamean Napitupulu                             Sekretaris  : Deddy bangun

Bendahara : Dewi Febriana Purba

*Bidang-bidang*                          

Bidang Organisasi Kelembagaan dan Pembinaan Daerah

Koordinator : Joni Barus                                                                             

Bidang Pemantau Pendidikan,                                                                            

Koordinator : Bahren Rambe

Bidang Kerjasama dan Kemitraan,

Koordinator : Vetien C Purba

Bidang Usaha,

Koordinator : Erianto ButarButar

Bidang Pemerintahan,

Koordinator : Romulusi Napitupulu

Bidang Humas dan Sosial,

Koordinator : Jonson Napitupulu

Bidang Srikandi,

Koordinator : Eka Wardani

*DPD Pak-pak Barat*

Ketua : Pildo Juniper Sinamo

Sekretaris : Agus Refianus Padang

Bendahara : Alpentino Sihombing.   (**)


Sumber : DPP SPI

COMMENTS

Nama

artis,36,bandung,2,Bangkinang,3,Bekasi,1,bengkalis,3,berita,222,bisnis,14,bola,19,Cimahi,1,Copyright,4,Dairi,2,dumai,358,entertainment,11,fenomena,2,hot,120,hotel,7,hukum,1,iklan,4,info,21,inhil,1,inhu,1,Internasional,3,Jakarta,64,kalbar,4,Kampar,11,Kandis,3,Kepri,1,Kepulauan Meranti,2,kesehatan,8,komputer,1,kriminal,55,Kuansing,11,kuliner,1,lampung,7,laptop,1,lowongan,12,Makasar,1,malang,1,Medan,7,motivasi,23,Musik,1,nasional,85,netbook,1,notebook,1,NTB,1,olahraga,15,Otomotif,1,Palembang,1,pariaman,1,pekanbaru,180,pendidikan,9,penginapan,3,politik,31,Pontianak,1,Redaksi,2,riau,177,rohil,22,rohul,3,senibudaya,3,sepakbola,1,Siak,8,siber,2,sosial,23,Sulawesi,2,sulsel,2,sumatera,2,Sumbar,4,sumut,5,tapsel,1,teknologi,5,tokoh,3,touring,1,umkm,13,unik,5,video,2,wisata,12,
ltr
item
harian pers nusantara: Ketum SPI Lantik DPW Sumut Sekaligus Membuka Secara Resmi SKW Perdana SPI di Sumut
Ketum SPI Lantik DPW Sumut Sekaligus Membuka Secara Resmi SKW Perdana SPI di Sumut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjn9lOq3Rdb2_6yt9DxG5gdh5G0zjsYyP8LinFxK5X6bz9Ijz5eHP3Gz-t4V65wWbiiret0HEwg_CQiGm2B4wA5TrC2RanIbuYnUJcbUmlpFOJsqeLxg73FTC4Ssmd06F7hWwNhp9mnBry1EKpcIpxed4BLh6JBCpB6kSrXCGRhS7HGjsYOhwPexxUa/s320/IMG-20220930-WA0045.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjn9lOq3Rdb2_6yt9DxG5gdh5G0zjsYyP8LinFxK5X6bz9Ijz5eHP3Gz-t4V65wWbiiret0HEwg_CQiGm2B4wA5TrC2RanIbuYnUJcbUmlpFOJsqeLxg73FTC4Ssmd06F7hWwNhp9mnBry1EKpcIpxed4BLh6JBCpB6kSrXCGRhS7HGjsYOhwPexxUa/s72-c/IMG-20220930-WA0045.jpg
harian pers nusantara
https://www.persnusantara.com/2022/09/ketum-spi-lantik-dpw-sumut-sekaligus.html
https://www.persnusantara.com/
https://www.persnusantara.com/
https://www.persnusantara.com/2022/09/ketum-spi-lantik-dpw-sumut-sekaligus.html
true
8146758549750470439
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content